Senin, 02 April 2012

Dampak Multimedia terhadap perkembangan Masyarakat Indonesia

“Tolong sediakan iklan lalu sebar ke berbagai socialmedia yang ada.”
Seringkali kata-kata tersebut mengambang di udara di sekitar kita. Baik di lingkup kampus,kantor,organisasi bahkan sampai RT. Iklan yang dibuat dengan semenarik mungkin menjadi semakin mudah di sebarkan dengan berbagai  social media yang ada di jaringan internet. Perkembangan pemanfaatan multimedia sendiri  tak dapat dipungkiri jauh melesat dari tahun ke tahun. Penggunaan animasi yang sangat erat hubungannya dengan multimedia itu sendiri semakin apik. Dibuktikan dengan film-film yang beredar,dengan sentuhan tangan-tangan yang memang diberikan berkah oleh Alloh,mereka meramu hasil yang direkam oleh kamera maupun gambar yang berhasil di capture menjadi suguhan yang memanjakan mata penikmat multimedia.
Berpanjang lebar menjelaskan multimedia,namun kita tidak tahu apa arti multimedia.Multimedia itu terdiri dari 2 kata yakni multi yang berarti banyak dan media yang berarti sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Jadi makna keseluruhannya yaitu seseatu yang digunkan untuk menyampaikan sesuatu kepada banyak pihak. Nah dalam maknanya sekarang,multimedia lebih direkatkan dengan komunikasi dan kemudahan penyampaian informasi dari suatu maupun banyak sumber ke seorang maupun banyak orang.
Multimedia sendiri merupakan kombinasi antara teks, gambar, video dan animasi. Bisa saja hanya satu aspek yang dikembangkan dalam perkembangannya. Dan itu semua tergantung kebutuhan dan keinginan dari penikmat multimedia itu sendiri. Tak dipungkiri,multimedia tidak terlepas dari computer. Setidaknya pengelolaan untuk teks, gambar, video dan animasi itu sendiri menggunakan computer. Multimedia seringkali terintegrasi diantara semuanya. Semisal film yang seringkali kita nonton. Multimedia juga bersifat dinamis yang bergerak dan mengikuti perkembangan zaman. Selain itu multimedia juga bersifat interaktif antara penikmat dan penyedia.
Multimedia juga membutuhkan akses berupa networking yang berkesinambungan. Yaitu berupa internet.Dengan fasilitas internet tiap orang dapat berinteraksi dengan mudah.
Diantara pengertian-pengertian di atas, banyak sekali dampak yang sangat berpengaruh dengan masyarakat pada era sekarang ini :
1.                   Kemalasan, dengan kemudahan akses yang semakin mudah
2.                   Dalam bidang komunikasi ,informasi akan semakin mudah sampai dari satu ke yang lain,tentunya pertemuan fisik menjadi tidak terlalu penting.Ini akan menyebabkan silaturahim merenggang,karena mau bagaimanapun pertemuan fisik itu lebih penting dan lebih baik dibandingkan komunikasi dunia maya.
3.                   Dalam bidang pemasaran,sampling maupun gmbaran produk yang di trading akan mudah untuk diketahui dengan pengiklanan melalui intenet terutama melalui jejaring social.
4.                   Dalam bidang social,aspirasi masyarakat akan dengan mudah tersampaikan di public.
Masih banyak sekali dampak yang terjadi,namun tentunya kita yang menentukan dampak yang akan terjadi. Maka berlaku bijaklah. ^^.
Sesungguhnya segala sesuatu itu bisa tepat guna jika memang dilaksanakan dengan tepat juga.Bukan hanya dibuat lalu tidak dilaksanakan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar